Kriteria Wanita Ideal dalam Budaya Masyarakat Jawa Jaman Dulu

Saya terlahir sebagai seorang muslim bersuku Jawa. Memang kota Malang (Jawa Timur), tempat kelahiran saya, bisa dibilang masyarakatnya sudah heterogen seperti di Depok (Jawa Barat) tempat saya tinggal saat ini. Namun budaya Jawa masih dipegang kokoh oleh sebagian besar masyarakat kota Malang hingga kini.

Untuk urusan jodoh, saya masih berpegang pada empat kriteria yaitu, agama, kecantikan, keturunan, harta. Yang paling penting tentulah kriteria yang pertama. Kalau kriteria yang pertamanya baik, maka kriteria yang lain akan mengikuti secara otomatis. Karena jika seseorang baik agamanya, kokoh akidahnya, menawan akhlaknya, tentu semakin dekat keluarganya dengan kebahagiaan. Bukankah kita menikah untuk mendapatkan kebahagiaan? Kalau menurut saya, mencari istri itu bukan hanya untuk didunia saja, tapi bersama dan bahagia hingga disurga nanti. Semoga Alloh menyegerakan saya untuk bertemu dengan jodoh saya, yang sholehah dan menentramkan hati. Amiiinnn..... Allohumma sholli ala Muhammad....


Sekedar menambah pengetahuan kita tentang kebudayaan masyarakat Jawa terutama masyarakat Jawa jaman dulu, ternyata ada  kriteria wanita ideal yang dapat dijadikan pertimbangan dalam mencari calon istri. Walaupun seiring waktu, kriteria-kriteria ini sudah jarang digunakan sebagai patokan baku, namun tetap saya tuliskan saja ya. Berikut ini adalah beberapa kriterianya:
  1. Kusuma Wicitra.
    Ibaratnya bunga mekar yang sangat mempesona, yang siap untuk dipetik. Wanita yang ideal sebaiknya mempersiapkan dirinya dengan ilmu pengetahuan dan agama, mengharumkan dirinya dengan perbuatan baik, menjaga kehormatan dan kesucian dirinya. 
  2. Padma Sari.
    Ibaratnya bunga teratai yang sedang mekar di kolam. Bunga teratai dalam budaya Jawa merupakan simbul kemesraan, sehingga yang dimaksudkan dengan wanita ideal dalam konsep ini adalah wanita cantik yang penuh kasih mesra hanya bila bersama dengan suaminya.
  3. Sri Pagulingan.
    Ibaratnya cahaya yang sangat indah di peraduan/singgasana raja. Wanita yang ideal sebaiknya tidak hanya cantik jasmaninya, namun juga dapat mempersembahkan dan menunjukkan kecantikannya hanya kepada suaminya ketika berolah asmara di peraduan.
  4. Sri Tumurun.
    Ibaratnya bidadari nirwana yang turun ke dunia. Wanita yang ideal sebaiknya cantik raga dan jiwanya. Ini dibuktikan dengan kesediannya untuk “turun”, berinteraksi dengan rakyat jelata, kaum yang terpinggirkan untuk menebarkan cahaya cinta dan berbagi kasih.
  5. Sesotya Sinangling.
    Ibaratnya intan yang amat indah, berkilauan. Wanita yang ideal sebaiknya selalu dapat menjadi perhiasan hanya bagi suaminya, sehingga dapat memperindah dan mencerahkan hidup dan masa depan suaminya, juga keluarganya.
  6. Traju Mas.
    Ibaratnya alat untuk menimbang emas. Ini merupakan simbol wanita setia yang selalu dapat memberikan saran, pertimbangan, nasihat, demi terciptanya keluarga yang sakinah.
  7. Gedhong Kencana.
    Ibaratnya gedung atau rumah yang terbuat dari emas, dan berhiaskan emas. Ini merupakan simbul wanita yang berhati teduh dan berjiwa teguh sehingga dapat memberikan kehangatan dan kedamaian bagi suami dan keluarganya.
  8. Sawur Sari.
    Ibaratnya bunga yang harum semerbak. Wanita yang ideal sebaiknya dikenal karena kebaikan hatinya, keluhuran budi pekertinya, kehalusan perasaannya, keluasan ilmunya, kemuliaan akhlaknya. Kecantikan fisik dan kekayaan harta yang dimiliki wanita hanya sebagai pelengkap, bukan syarat mutlak seorang wanita ideal.
  9. Pandhan Kanginan.
    Ibaratnya pandhan wangi yang tertiup angin. Ini merupakan simbul wanita yang amat menggairahkan, menawan, dan memikat hati. Dapat dilukiskan sebagai: tinggi semampai, berparas cantik, berkulit kuning langsat, berbibir merah alami, berpayudara montok, murah senyum, tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus, dapat memberikan keturunan.

3 komentar:

diditcomputer mengatakan...

terimakasih artikelnya.. sudah membuat jd terinpirasi n bermanfaat..
assalamualaikum wr.wb...

Anonim mengatakan...

assl..
mas,ak lagi nyari referensi tentang penggambaran wanita jawa buat skripsi,.bisa ksh referensi buku ga? kalau ada, mohon kirimkan k email cha2_qweren@yahoo.co.id secepatnya ya.. makasi banyak sebelumnya... :)

assoywardani mengatakan...

terimakasih :)
dengan membaca ini, bertambah pengetahuan saya untuk menjadi wanita yang diagungkan prianya :)

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengunjung

 
Copyright © Blognya Mas Eko