Keponakanku, Raden Saleh dan Ilusi Optik

Senang juga saya melihat keponakan yang masih umur 1,5 tahun, Rashya, lagi semangat mencorat-coret kertas-kertas HVS-ku. (Walaupun HVS itu isinya konsep skripsiku... waduh.... >.< ) Tapi harus diakomodir nih. Siapa tahu nanti bisa jadi kayak pelukis Indonesia yang terkenal itu, Raden Saleh. Amiiin...

Ngomong-ngomong tentang Raden Saleh, ada satu kisahnya yang unik waktu belajar seni lukis di Belanda. Jadi ceritanya, semasa belajar di Belanda keterampilannya berkembang pesat. Wajar ia dianggap saingan berat sesama pelukis muda Belanda yang sedang belajar. Mereka pun berniat “memberi pelajaran”. Para pelukis muda itu mulai melukis bunga. Lukisan bunga yang sangat mirip aslinya itu pun diperlihatkan ke Raden Saleh. Terbukti, beberapa kumbang serta kupu-kupu terkecoh untuk hinggap di atasnya. Seketika keluar berbagai kalimat ejekan dan cemooh. Merasa panas dan terhina, diam-diam Raden Saleh menyingkir.

Ketakmunculannya selama berhari-hari membuat teman-temannya cemas. Muncul praduga, pelukis Indonesia itu berbuat nekad karena putus asa. Segera mereka ke rumahnya. Benar, pintu rumahnya terkunci dari dalam. Prasangka mereka makin buruk. Pintu pun dibuka paksa dengan didobrak. Tiba-tiba mereka saling jerit.
“Mayat Raden Saleh” terkapar di lantai berlumuran darah!! Dalam suasana panik Raden Saleh muncul dari balik pintu lain. “Lukisan kalian hanya mengelabui kumbang dan kupu-kupu, tetapi gambar saya bisa menipu manusia”, ujarnya tersenyum. Para pelukis muda Belanda itu pun ngeloyor pergi, menanggung malu.


Itu yang dinamakan ilusi optik. Sampai sekarang saya masih belum ketemu juga tuh sama lukisan sang maestro, Raden Saleh, yang "berlumuran darah" itu. Eh malah nemu, gambar-gambar ini. Lukisan sang master jalanan, Kurt Wenner. Dia adalah seorang master seniman yang terkenal dengan lukisan jalanannya yang berkualitas tinggi dan lukisan dinding menggunakan proyeksi yang disebut anamorphosis. Keren-keren nih.



Sumber gambar : Ilusi Optik

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengunjung

 
Copyright © Blognya Mas Eko