0

Cinta Terlarang

Orang bilang cinta itu buta. Ya, memang, orang rela melakukan apa saja demi cinta. Baik ato buruk, pasti deh dilakukan.

Ngga bisa dipungkiri, mungkin kamu pernah juga menjalani cinta terlarang? hayo ngakuuu...

Apapun itu, yang namanya 'terlarang' pasti buruk, dan berakibat buruk. Lebih baik hentikan saja kalau kamu sedang menjalani yang namanya cinta terlarang ini.

Kalo ngga, siap-siap saja mendapat akibat buruknya. Seperti gambar-gambar dibawah ini.

Mau liat? Nih..

3

Tips Sukses Psikotes

Dewasa ini, hampir semua perusahaan menggunakan Phsicology Test/Tes Psikologi atau psikotes/psikotest sebagai bagian dalam tahapan penerimaan calon pegawai. Keunikan dari tes ini adalah pada “ketidakpastiannya”. Mengapa? Karena faktor ini dapat memutarbalikan perhitungan logis potensi seseorang. Sebagai contoh, seseorang lulusan perguruan tinggi terbaik di negeri ini dengan IPK : 3 koma dan berpengalaman sebagai asisten dosen, tidak dapat lolos dari lobang jarum ujian psikotes sehingga akhirnya harus berwirausaha karena belum pernah mampu melewati psikotes untuk diterima bekerja di sebuah perusahaan. Memang ini ironi, namun ini fakta. Psikotes memang merupakan fenomena tersendiri bagi para pelamar kerja. Penulis juga pernah menghadapi hal serupa, untuk kemudian harus bangkit melalui proses “learning by doing”. Penulis bukan seorang psikiater maupun phsicology tester, namun beberapa tips yang akan di-share berikut ini, berdasarkan pengalaman penulis ketika menghadapi psikotes, diharapkan mampu membantu mengurangi kegagalan psikotes Anda:

0

Hukum Memakai Cincin Emas Putih

Penggunaan emas sebagai perhiasan bagi laki-laki kaum muslimin sudah jelas keharamannya dan ini sudah kita ketahui bersama. Namun bagaimana hukum penggunaan emas putih dalam Islam? Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel tentang Hukum Cincin Kawin yang saya posting sebelumnya. 

Diriwayatkan dari Abdulloh bin Amr bin al ‘Ash bahwasanya Rasululloh saw bersabda, ”Barangsiapa dari umatku mengenakan emas kemudian dia mati masih dalam keadaan mengenakannya maka Alloh mengharamkan baginya emas di surga. Dan barangsiapa dari umatku yang mengenakan sutera kemudian dia mati masih dalam keadaan mengenakannya maka Alloh mengharamkan baginya sutera di surga.” (HR. Ahmad)

0

Hukum Cincin Kawin

Pernikahan didalam islam adalah ibadah dan sebagaimana ibadah-ibadah lainnya maka ia haruslah memenuhi dua rukunnya. 
Pertama : Ikhlas semata-mata karena Allah swt. 
Kedua : Mengikuti sunah Rasulullah saw. 
Dua hal inilah yang dimaksud dengan amal yang terbaik didalam firman Allah swt,

0

Pertolongan Pertama untuk Orang Pingsan

Pingsan adalah suatu keadaan tidak sadarkan diri seperti orang tidur pada seseorang akibat sakit, kecelakaan, kekurangan oksigen, kekurangan darah, keracunan, terkejut/kaget, lapar/haus, kondisi fisik lemah, dan lain sebagainya. 

Pada umumnya orang yang jatuh pingsan pada muka / wajah akan terlihat pucat pasi. Orang yang pingsan butuh oksigen dan tempat teduh terlindung dari terik sinar matahari. Oleh sebab itu amankan penderita pingsan ke tempat yang teduh dan tidak kerumuni orang banyak yang menonton saja.

Petunjuk teknis menghadapi dan membantu orang yang pingsan : 

  1. Untuk mengembalikan kesadaran orang yang mengalami kepingsanan dapat menggunakan bau-bauan yang menyengat dan merangsang seperti minyak wangi, minyak nyong-nyong, anomiak, durian dan lain-lain. 
0

Fitur Blacklist untuk Pelanggan Esia

Kadang kita merasa perlu untuk menghindari telepon dari nomor-nomor tertentu. Fitur ini sangat membantu untuk tolak bala. Eh... maksudnya tolak telepon ato blokir nomor telepon yang tidak kita kehendaki. He3. Kita bisa menggunakan fitur ini untuk memblokir maksimal 9 nomor esia. 

Pendaftaran bisa melalui sms maupun telepon.
Caranya:
Ketik SMS => BL30 kirim ke 666 

atau
Telepon ke *666 untuk info melalui IVR.

Tarif: (belum termasuk PPN 10%)
Tarif SMS ke *666       Rp. 50,-  
Biaya registrasi              Rp. 2.000,-/30 Hari 
Tarif per anggota yang didaftarkan Rp. 500,- 

Mudah-mudahan bermanfaat ya. Btw, Ini bukan promosi lho... He3.

0

Hari Jum'at adalah Hari Terbaik?

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah pernah bersabda. “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihis Salam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” [Riwayat Muslim]

Rasulullah juga pernah bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Alloh mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i)

Keistimewaan lain hari Jumat adalah saat-saat dikabulkannya doa, yaitu saat-saat terakhir setelah shalat ashar (seperti yang dijelaskan dalam banyak hadits) atau di antara duduknya imam di atas mimbar saat berkhutbah Jumat sampai shalat selesai ditunaikan.

0

Yakin Mau Menikah?

Rumah tangga bahagia adalah dambaan hampir setiap kaum muda mudi sebelum melangkahkan kakinya ke jenjang pernikahan. Bayangan masa depan yang indah dan menggembirakan merupakan idaman setiap pasangan yang baru saja melangkahkan kakinya di pelaminan. 

Namun tak sedikit rumah tangga yang baru beberapa saat terbangun, kandas begitu saja, dan berakhir pada perceraian. Banyak orang merasa ragu dan gemetaran sebelum maju ke gerbang pernikahan. Walhasil, tidak sedikit yang mengurungkan pernikahan, karena takut  dirinya akan terkubur dalam puingpuing kehancuran. 

Keraguan antara menikah atau tidak, jangan sampai ada pada diri muslim. Ia harus secara perwira, menentukan antara berumahtangga atau tidak, sesuai dengan ajaran suci Ilahi yang dianutnya dan kemampuan yang dimilikinya. 
4

Curug Cibeureum

Curug Cibeureum
Setelah artikel wisata saya yang pertama tentang Situ Gunung. Sekarang referensi wisata lanjut ke destinasi yang kedua. Masih di Sukabumi dan dekat dengan Situ Gunung. Curug Cibeureum.
Curug Cibeureum merupakan air terjun yang terletak di daerah Perbawati, Selabintana, Kabupaten Sukabumi. Cara mencapai lokasi awal untuk treking ini dari kota Sukabumi adalah dengan naik angkutan umum (angkot) no. 10 berwarna merah lintasan Sukabumi – Selabintana. Berhubung angkutan umum ini hanya melayani perjalanan sampai di tempat wisata dan penginapan bernama “Hotel Selabintana” maka perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki lewat jalan setapak di belakang hotel melalui perkebunan teh dan lokasi perkemahan yang bernama Pondok Halimun. Apabila tidak mau repot, maka angkutan umum ini pun sebetulnya bisa di carter langsung dari Sukabumi menuju ke Pondok Halimun (dengan ongkos yang lebih mahal tentunya, kira-kira Rp. 10.000 / orang).

0

Tips Wawancara Kerja

Artikel ini adalah hadiah kecil buat sobat yang sedang menghadapi atau mempersiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan yang baru. Baik. Lanjuuut...
Berikut adalah langkah demi langkah yang dapat kamu siapkan untuk menghadapi sebuah sesi wawancara:


1 - Penelitian dan Persiapan, Cari tahu latar belakang organisasi tempat kamu melamar. Pastikan kamu mendapat informasi tentang visi, misi dan prinsip-prinsip perusahaan sehingga kamu memiliki kemampuan untuk menjawab sesuai dengan prinsip-prinsip perusahaan. Makin banyak tahu makin baik.

2 - Praktek, Setelah kamu melakukan riset, saatnya melakukan latihan. Latihan yang paling efektif adalah dengan melakukan simulasi wawancara. Minta temanmu untuk jadi partner latihanmu. Kondisikan seolah-olah kamu sedang melakukan wawancara yang sesungguhnya. Semakin banyak latihan semakin bagus. Practice makes perfect.

0

Mengenal Bagian-Bagian Biola

Biola Pertamaku
Salah satu alat musik yang saya kagumi adalah Biola. Biola adalah alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Orang yang memainkan biola disebut pemain biola (pebiola), atau violinis (violinist), tentu saja berbeda dengan violis atau pemain viola. Saya kagum sama Idris Sardi, Ikuko Kawai dan pemain biola lainnya. Biola pertama saya adalah buatan Cina bermerek skylark yang waktu itu harganya sekitar 700 ribuan.

0

Situ Gunung

Situ gunung
Minggu kemarin saya dan kang Eka dapat tugas cari tempat buat liburan bulan Juni 2010 ini. Bingung mau kemana. Hehehe. Lebih baik di list dulu aja ya.

Mulai dari lokasi yang satu ini dulu. Situ gunung. Tempatnya lumayan bagus. Situ Gunung terletak di kaki Gunung Pangrango, Kecamatan Kadu Dampit lebih kurang 16 Km sebelah Barat laut kota Sukabumi, dengan luas 120 ha dan ketinggian 850 M dpl. Jalan berkelok, diantara pohon Pinus dan Damar mengantarmu memasuki area danau Situ Gunung, sambil merasakan sejuknya udara gunung, Kamu dapat berjalan-jalan mengitari danau, melihat canda ria fauna yang ada seperti lutung, monyet, surili dan satwa lainnya. Buat kamu yang hobi memancing, disini sering diadakan perlombaan memancing.

2

Cinta...




"Cintailah seseorang karena kekurangannya, maka kau akan takjub
dan terpesona akan kelebihan yang akan kau temukan kemudian. Namun, jikalau
kau mencintai seseorang karena kelebihannya, maka kau akan kecewa
tatkala menemukan kekurangan yang ada dalam dirinya"

0

Cara Sehat yang Aneh Tapi Nyata


Dilansir dari MensHealth, Jumat (3/9/2010), berikut beberapa cara sehat yang aneh tapi nyata:

1. Menggunakan toilet yang paling dekat pintu kamar mandi
Berdasarkan analisa dari 51 toilet, para ahli menemukan bahwa toilet yang terdekat dengan pintu kamar mandi secara konsisten memiliki tingkat bakteri terendah. Hal ini karena kebanyakan orang akan memilih toilet paling jauh untuk menjaga privasi, terutama di kamar mandi pria.

0

Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun

Sobat, besok liburan ya? Asik dong. Hehehe...
Banyak yang ngga sadar besok libur karena ada hari besar apa. Besok tanggal 1 Muharram 1432 H. Betul kawan... Besok tahun baru Islam.
Tahun baru selalu menjadi tonggak baru dalam kehidupan kita, apalagi tahun baru islam. Seperti sejarahnya, penanggalan/kalender islam dinamakan hijriyah, karena dimulai dari peristiwa hijrah/pindahnya Rasululloh saw dari kota mekah ke madinah. Peristiwa itu dianggap mewakili hadirnya sebuah era baru. Sebuah keputusan yang membawa kepada kehidupan yang lebih baik. Dimana sebelumnya islam dan para pengikutnya mendapatkan tekanan yang luar biasa berat. Hingga kemudian peristiwa hijrah ini, menjadi awal kebangkitan islam yang terasa hingga saat ini.
Pada akhir dan awal tahun kita diajarkan untuk membaca doa seperti berikut,

0

Waarop wachten we nog?

Abent omnes uolucres nidos inceptos nisi ego e tu. Hebban olla uogala nestas bigunnan hinase hi(c) (e)nda thu ...uug....mb ada....e nu.
Iseng-iseng blogwalking, nyari inspirasi. Malah nemu kata-kata ini di wikipedia.org. Kalimat sederhana yang katanya dipercaya sebagai bukti Bahasa Belanda tertua :

Hebban olla vogala nestas bigunnan hinase hic enda thu wat unbidan we nu”.
Dalam Bahasa Belanda modern:
Hebben alle vogels nesten begonnen behalve ik en u. Waarop wachten we nog?
0

Selamat Jalan Sahabatku...

Idul adha 1431 H.
Hari itu, sahabatku ini memang terlihat agak berbeda. Suaranya terdengar lebih dalam ketika berbicara. Kata Ibuku terasa lebih dewasa. Kalau menurutku malah mirip cara bicara orang yang sedang jatuh cinta.Hehe..
11 tahun sudah saya mengenalnya. Seorang pemuda yang supel, penuh celetukan konyol. Teman sholat shubuh dan sholat isya berjamaah. Teman bercerita sambil rebahan di karpet masjid setelah sholat dhuhur/ashar.  Munapi Utomo.
Teringat tawanya ketika pertama kali kupanggil dia "Sam Omot" (kebalikan dari Mas Tomo, panggilan khas daerahku Malang, Jawa Timur)
Dia berpulang kepada-Nya tanpa disangka. Banjir disungai belakang sekolahnya dulu, yapemri, telah menjadi jalan baginya berpulang. Semua orang sayang padamu kawan.
Saya tak sanggup bercerita lagi, air mata ini sudah mulai menggenang.
Selamat jalan saudaraku.....
Selamat jalan sahabatku.....
Sam Omot dengan Andy F. Noya
facebook : http://www.facebook.com/utomotetapistiqomah

0

Fitur Kirim SMS Gratis



SMS Gratisan.....!!! Siapa yang mauuuu....?
Gratis ke semua operator seluler di Indonesia.
Boleh pakai, tapi....
Dilarang keras mengirim sms penipuan, asusila, atau segala bentuk aktifitas yang bertentangan dengan hukum positif di Indonesia. Haram itu sodara-sodara. Saya ngga bertanggung jawab atas semua isi dan akibat sms yang di kirim ya...
Cara pake widgetnya gimana nih?
Gampang kan... Enjoy. :)
0

Andai saja kau tahu

Dinda...
Andai saja kau tahu betapa tersiksanya aku...
Andai saja kau tahu...
Betapa inginnya diriku mengimami setiap sholat malammu...
Betapa inginnya diriku  mendengar merdu lantunan tilawahmu...
Betapa inginnya diriku membetulkan tajwid bacaan al-quranmu...
Betapa inginnya diriku meletakkan kepala dipangkuanmu sambil muroja'ah dan membaca ma'tsurat disore hari...
Betapa inginnya diriku menggenggam tanganmu untuk berjalan perlahan menikmati pagi...
Betapa inginnya diriku menyisir rambutmu dengan jemariku...
Betapa inginnya diriku  memandang wajahmu sepuas hatiku...
Tak sabar diri ini menanti saat itu.
Saat dimana telah dihalalkan dirimu untukku...
Robbaba hablana min azwajina wa dzurriyatina qurota'ayun waj'alna lil mutaqiina imama...
Robbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qiina adzabannar...
Robbi yassir wala tu'assir...


0

Kita...

Kita...
Bagaikan dua mata.
Bagaikan dua tangan.
Bagaikan dua kaki.
Zahirnya dua,
hakikatnya satu...
Kita...
0

Biola dan Ketegasan

Ahirnya saya tahu, mengapa biolaku menghasilkan nada-nada yang sumbang selama ini. Alasannya ternyata sangat sederhana. KETEGASAN. Menggesek dawai-dawai biola ternyata membutuhkan sebuah ketegasan. Jauh dari keragu-raguan. Mengayunkan busur tanpa ragu, penuh keyakinan dan akurat. Bahkan, untuk melantunkan nada-nada yang lembut pun butuh sebuah ketegasan. 

Prinsip ini dapat diaplikasikan pula dalam menjalani hidup. Ada saat dimana kita harus tegas untuk berkata YA atau TIDAK. Hmmm... Thanks to Alloh yang telah memberi pemahaman ini ke pikiranku. 

Sekian lama berkutat dengan skipsi membuat leher ini tegang. Saya rindu dengan biolaku.
0

Hidangan Dari Langit

Bulan puasa telah tiba.
larangan raja mulai berlaku:
jauhkan tanganmu dari makanan,
hidangan rohani telah disediakan.

Roh telah bebas dari pengasingan dirinya
dan menundukkan tangan tabiat jelek;
hati yang sesat telah dikalahkan
dan prajurit iman telah sampai.
Bala tentara penidur telah menyerah dan segera ditawan,
dari bara penyulut api jiwa tiba seraya meratap;

0

Sujud beratap gemintang...

Duhai lail...
Bait-bait kerinduan ini tersandar padamu
Mari berjamaah denganku
Melangitlah bersamaku

Bersama ruh dan hati
Kita bersafar ke langit
Menyenandungkan zikir dan sujud
Dalam kesunyian
Dalam langit pekat bernoktah gemintang


12

Istilah-istilah Musik (Dinamika, Tempo dan Ekspresi)




Knowledge is not skill. Knowledge plus 10000 times is skill.”  - Shinichi Suzuki.
Semenjak ada biola dirumah, tangan saya jadi gatel untuk terus mencoba memainkan lagu-lagu yang saya suka. Walaupun secara teknik, permainan saya masih amburadul. Dan satu fakta lagi, prioritas main biola saya harus setelah skripsi. Haha... 
Awalnya sih, mencoba meraba-raba sendiri nadanya menggunakan feeling. Karena kurang puas, saya kemudian mencari partiturnya (dalam bahasa inggris : sheet/ score) dengan bantuan om google. Dan akhirnya ketemu. Alhamdulillah....
Tapi kemudian, saya jadi bingung sendiri dengan istilah-istilah yang yang saya temukan dalam partitur. hehe... Searching lagi... Googling lagi... Dapat. Naah.... ini dia penjelasan untuk tanda-tanda yang saya temui dalam partitur. Walaupun bagi saya, untuk tahu bagaimana aplikasinya dalam permainan biola, sepertinya memang harus melihat contoh dari pemain biola secara langsung. hehe... Yo wisS lah... Lanjuutt...

0

Konsep Pendidikan Islam Menurut Al-Qur’an

oleh : Abu Naufal Alauddin Al-Bughury
Pengertian Pendidikan Islam

Dr. Yusuf Qardawi memberi pengertian pendidikan Islam yaitupendidikan manusia seutuhnya, akal dan hatinya, rohani dan jasmaninya, akhlak dan keterampilannya. Ahmad Tafsir menyatakan bahwa pendidikan dalam Islam merupakan sebuah rangkaian proses pemberdayaan manusia menuju kedewasaan, baik secara akal, mental maupun moral, untuk menjalankan fungsi kemanusiaan yang diemban sebagai seorang hamba di hadapan Khaliq-nya dan sebagai ‘pemelihara’ (khalifah) pada semesta. Endang Saefuddin Anshari memberi pengertian secara lebih tehnis, pendidikan Islam sebagai proses bimbingan (pimpinan, tuntunan dan usulan) oleh subyek didik terhadap perkembangan jiwa (pikiran, perasaan, kemauan, intuisi), dan raga obyek didik dengan bahan-bahan materi tertentu, pada jangka waktu tertentu, dengan metode tertentu dan dengan alat perlengkapan yang ada ke arah terciptanya pribadi tertentu disertai evaluasi sesuai ajaran Islam.

0

Foto-foto Ketika Transisi Matahari

Rumah nenekku di Malang, bagian dapurnya masih menggunakan bilik bambu sebagai dindingnya. Salah satu hal yang paling kusuka ketika pagi tiba ialah menikmati teh panas, makan singkong rebus hangat, duduk dekat tungku kayu sambil memandangi berkas-berkas cahaya pagi yang menerobos masuk melalui celah-celah bilik. Indah sekali. Pengen banget bisa ambil fotonya. Sayangnya kamera hape tidak cukup sensitif untuk menangkap berkas-berkas cahaya itu.


Kapan-kapan pasti ke ambil tuh berkas cahaya. InsyaAlloh... hehe... Sekedar berbagi foto saja. Ini koleksi jepretan saya. Bukan pakai kamera poket atau kamera SLR yang keren itu. Tapi hanya pakai hape Norak N73 dan SonEr K800i. 


Sunset Ancol
0

Mencintai Sejantan Ali

Kalau cinta berawal dan berakhir karena Allah, 
Maka cinta yang lain hanya upaya menunjukan cinta pada-Nya,
Pengejawantahan ibadah hati yang paling hakiki:
Selamanya membahagiakan orang-orang yang kita cintai.
-M. Anis Matta-

Ada rahasia terdalam dihati ‘Ali yang tak dikisahkan pada siapapun. Fatimah, karib kecilnya, putri tersayang dari nabi yang adalah sepupunya itu, sungguh memesonanya. Kesantunannya, ibadahnya, kecekatan kerjanya, parasnya. Lihatlah gadis itu pada suatu hari ketika ayahnya pulang dengan luka memercik darah dan kepala yang dilumur isi perut unta. Ia bersihkan dengan hati-hati, ia seka dengan penuh cinta, ia baker perca ia tempelkan ke luka untuk menghentikan darah ayahnya. Semua dilakukan dengan mata gerimis dan hati menangis. Muhammad bin ‘Abdullah sang terpercaya tak layak dilakukan demikian oleh kaumnya!

Maka gadis cilik itu bangkit. Gagah ia berjalan menuju Ka’bah. Disana, para pemuka Qurais yang semula saling tertawa membanggakan tindakannya pada sang Nabi tiba-tiba dicekam diam. Fatimah menghardik mereka dan seolah waktu berhenti, tak memberi mulut-mulut jalang itu kesempatan untuk menimpali. Mengagumkan! 
1

La Corda D'oro (The Golden String) - Versi Anime dari lagu Song From Secret Garden

Semalam, saya mendapat kiriman sebuah link video. Sebuah cuplikan anime (kartun Jepang). Lagu yang dimainkan dalam cuplikan itu adalah salah satu lagu Secret Garden dalam album mereka, yaitu lagu "Song From Secret Garden". Hati saya langsung meleleh mendapat kiriman itu. Saya sebenarnya sudah punya albumnya dari sejak lama (saya lupa kapan pastinya). Tapi yang jelas, lagu mereka masuk jajaran top ten playlist di hape saya.

Apaan sih secret garden? Secret Garden adalah duo Irlandia-Norwegia yang memainkan musik zaman baru, yang juga dipahami oleh sebagian pihak sebagai musik neoklasik.

0

Fakta Menarik Seputar Tidur

Setidaknya enam jam per hari tubuh mengalami sistem 'shutdown' untuk sementara waktu alias tidur. Tapi berapa banyak yang Anda ketahui tentang tidur? Mengapa tubuh butuh tidur dan apa yang terjadi pada tubuh selama tidur?

Berikut beberapa fakta menarik seputar tidur:
  1. Tahapan tidur selama tidur malam, ada lima tahapan tidur yang berbeda dan berbeda satu sama lain, yaitu:
    • Tahap 1 (5-10 menit pertama), yaitu masa transisi antara sadar dan tidur. 
    • Tahap 2 (sekitar 20 menit), suhu tubuh mulai menurun dan detak jantung mulai melambat. 
    • Tahap 3 merupakan masa transisi antara tidur ringan dan tidur yang sangat dalam. 
    • Tahap 4 (sekitar 30 menit), yaitu tidur nyenyak yang berlangsung. Mengompol dan tidur sambil berjalan biasanya terjadi pada akhir tahap 4. 
    • Tahap 5, kebanyakan mimpi terjadi pada tahap 5 yang dikenal sebagai tidur gerakan mata cepat atau rapid eye movement(REM). Tidur REM ditandai dengan gerakan mata, meningkatnya laju respirasi dan aktivitas otak, serta otot-otot menjadi lebih rileks.
3

Kriteria Wanita Ideal dalam Budaya Masyarakat Jawa Jaman Dulu

Saya terlahir sebagai seorang muslim bersuku Jawa. Memang kota Malang (Jawa Timur), tempat kelahiran saya, bisa dibilang masyarakatnya sudah heterogen seperti di Depok (Jawa Barat) tempat saya tinggal saat ini. Namun budaya Jawa masih dipegang kokoh oleh sebagian besar masyarakat kota Malang hingga kini.

Untuk urusan jodoh, saya masih berpegang pada empat kriteria yaitu, agama, kecantikan, keturunan, harta. Yang paling penting tentulah kriteria yang pertama. Kalau kriteria yang pertamanya baik, maka kriteria yang lain akan mengikuti secara otomatis. Karena jika seseorang baik agamanya, kokoh akidahnya, menawan akhlaknya, tentu semakin dekat keluarganya dengan kebahagiaan. Bukankah kita menikah untuk mendapatkan kebahagiaan? Kalau menurut saya, mencari istri itu bukan hanya untuk didunia saja, tapi bersama dan bahagia hingga disurga nanti. Semoga Alloh menyegerakan saya untuk bertemu dengan jodoh saya, yang sholehah dan menentramkan hati. Amiiinnn..... Allohumma sholli ala Muhammad....

1

Keajaiban Cinta

Karena cinta duri menjadi mawar
Karena cinta cuka menjelma anggur segar
Karena cinta pentungan menjadi mahkota penawar
Karena cinta kemalangan menjadi keberuntungan
Karena cinta rumah penjara nampak bagaikan kedai mawar
Karena cinta timbunan debu kelihatan sebagai taman
Karena cinta api berkobar menjadi cahaya menyenangkan
Karena cinta Syaithan berubah menjadi bidadari
Karena cinta batu keras menjadi lembut bagaikan mentega
Karena cinta duka menjadi riang gembira
Karena cinta hantu berubah menjadi malaikat
Karena cinta singa tidak menakutkan bagaikan kucing
Karena cinta sakit menjadi sehat
Karena cinta amarah berubah menjadi keramah-tamahan

Jalaluddin Rumi
2

Logika Cinta Sang Pecinta

.. Pencinta punya pelindung dalam pembuluh darahnya,
Pencinta sibuk membicarakan Cinta yang tak dapat dibandingkan.

Kata Akal, “Rukun iman yang lima perkara sudah mencukupi, tiada lagi jalan”
Cinta menjawab, “Ada sebuah jalan, berulang kali aku melaluinya!”

Akal melihat pasar, kemudian mulai berjualan
Cinta melihat ada banyak pasar di sebalik pasar akal.
Banyak al-Hallaj mereka temui di sana, mereka meyakini jiwa cinta
Dan menolak mimbar seraya memilih tiang gantungan

0

Musisi Keroncong

Ketika berangkat ke pasar, ibuku dipanggil oleh seseorang. "Bu.... Bu.... Tunggu sebentar." Ketika ibuku menoleh, ternyata yang memanggil itu "Pakde sepeda" (saya dan ibu tidak ada yang tahu nama asli beliau. Tapi karena buka reparasi sepeda, makanya orang-orang disekitar rumahnya, memanggil beliau dengan sebutan "Pakde Sepeda").

"Wonten nopo Pakde?" Jawab Ibuku sambil tersenyum. (artinya, "Ada apa Pakde?" (bahasa jawa). Untuk seterusnya pake bahasa Indonesia aja ya.... Biar ngga bingung. hehe...) "Kemarin, saya lihat Eko bawa-bawa biola? Dia ada dirumah, bu?" "Iya betul. Ada. Itu sekarang anaknya lagi ngak ngek ngok dirumah"
0

Pernikahan sebagai Landasan Menuju Keluarga Sakinah




Muqoddimah

dakwatuna.com – Dalam Annual Report tahun 2004, UNFPA sebuah badan PBB yang menangani masalah kependudukan antara lain merekomendasikan perlunya penanganan serius terhadap hubungan antar generasi yang kurang harmonis, serta perhatian lebih besar terhadap masalah remaja.
Rekomendasi tersebut tampaknya cukup beralasan bila kita cermati realitas kondisi sosial masyarakat. Di Jakarta misalnya, tawuran pelajar belum juga mereda. Penggunaan NAZA bahkan sudah merambah pedesaan, juga fakta pelacuran ABG yang membuat kita semua terperangah. Angka pengidap HIV dipercaya berkisar ratusan ribu orang sampai tahun 2010 nanti, dan akhirnya hati kita semakin terpilin perih oleh kenyataan merebaknya anak jalanan akhir-akhir ini.

Penelaahan kita pada berbagai fakta di atas membawa kita pada perkiraan “something wrong is going on“. Kita dihadapkan pada kenyataan kegelisahan sosial yang semakin bergolak. Kita melihat wajah-wajah hampa tak tentu tujuan, kita pun bisa merasakan ada hati-hati yang sepah, senyap, dan begitu asing dari kehangatan. Kita tahu itu semua. Hanya kemudian, kita belum memutuskan, apakah kita akan sungguh sungguh hadir dan menghadirkan realitas itu dalam ruang kepedulian kita?


Berbagai ekspresi ketidakseimbangan sosial yang kita lihat menggambarkan kebutuhan yang sangat mendesak terhadap situasi yang lebih kondusif sesuai fitrah manusia. Situasi yang membuat semua orang menjadi berdaya dan mampu menghadapi berbagai terpaan sosial. Situasi yang sedemikian itu, keluargalah yang mampu memberikannya.

0

Terima kasih

Hujan ingatkan aku...
tentang dirimu...
Semangatmu di tiap titiknya...
Perjuanganmu ditiap riaknya...
Bersabarlah...
Bukan untukku...
Bukan untukmu...
Tapi untuk kita...
Iya...
Pelangi kita...


*Terima kasih pelangiku...
0

Emoticon Tersembunyi di Yahoo Messenger (YM)

Ada kejutan kecil waktu browsing pagi ini. Ternyata Yahoo Messenger (YM) punya karakter tersembunyi/rahasia. Karakter2 ini 100% jalan di YM versi web. Tapi ada beberapa karakter yang tidak bisa tampil di aplikasi YM. Kamu tidak akan menemukan karakter-karakter ini dalam menu emotikon, tapi kamu tetap bisa mengirimkannya dengan mengetikkan kode shortcut karakter langsung di dalam pesanmu.


Emotikon Kombinasi Tombol Deskripsi
anak anjing :o3 anak anjing
saya tidak tahu :-?? saya tidak tahu
tidak mau dengar %-( tidak mau dengar
8

Komunitas Biola Depok


Saya memang suka musik instrumen. Hmm... Tepatnya ketika awal-awal sekolah di SMP. Kepopuleran kaset The Beattles yang sudah berkuasa dalam kotak kaset saya sejak SD, mulai terancam. Perlahan-lahan tergeser dengan kaset-kaset flute dan piano instrumental. Untung sekarang sudah jaman mp3, jadi koleksi musiknya lebih banyak berjubel dikomputer aja deh. Tapi yang masih suka didengerin sampai sekarang, paling Gitar klasiknya Pedro Angel, Pianonya Richard Clayderman,  saxophonenya Kenny G, biolanya Ikuko Kawai ato orchestranya Yanni.


Belajar autodidak gitar dari SMA. Coba tebak lagu apa yang saya pelajari pertama kali? Pelangi dimatamu - Jamrud. Hehe... (thanks to Rocky, buat pinjeman gitar & pelajaran cord-cord dasarnya. :) ) Sekarang alhamdulillah, walaupun ditengah kesibukan ngisi raport komputer murid-muridku dan skripsi, saya dapat kesempatan juga buat belajar biola. Setelah sekian lama mencari tempat latihan biola. Diantara sekian banyak tempat les dan komunitas biola, akhirnya saya putuskan untuk belajar biola di Komunitas Biola Depok. Berawal dari informasi teman fesbuk. (thanks to bu Arie. ^_^  ) Saya akhirnya kenal dengan miss Nia, penggiat komunitas ini. Jadilah saya janjian buat datang hari minggu untuk latihan biola perdana saya.
0

Cinta...


Sekalipun cinta telah kuuraikan dan kujelaskan panjang lebar.
Namun jika cinta kudatangi, aku jadi malu pada keteranganku sendiri.
Meskipun lidahku telah mampu menguraikan dengan terang.
Namun tanpa lidah,
Cinta ternyata lebih terang.
Sementara pena begitu tergesa-gesa menuliskannya.
Kata-kata pecah berkeping-keping begitu sampai kepada cinta.
Dalam menguraikan cinta, akal terbaring tak berdaya
Bagai keledai terbaring dalam lumpur.

Sebait kerinduan.....

Menikah
Lelaki mana Yang Tak mengimpikannya....
Wanita Mana yang tak mencitakanya....

Menikah
adalah Jalan Mulia
Tradisi Nabi dan Orang-orang Sholeh

Karena Hakikatnya
Jiwa kita Berpasangan.....

Karena Rusuk Kiri itu
harus kembali dalam dekapan
sayang dan kasih
sepanjang masa.....


0

Keponakanku, Raden Saleh dan Ilusi Optik

Senang juga saya melihat keponakan yang masih umur 1,5 tahun, Rashya, lagi semangat mencorat-coret kertas-kertas HVS-ku. (Walaupun HVS itu isinya konsep skripsiku... waduh.... >.< ) Tapi harus diakomodir nih. Siapa tahu nanti bisa jadi kayak pelukis Indonesia yang terkenal itu, Raden Saleh. Amiiin...

Ngomong-ngomong tentang Raden Saleh, ada satu kisahnya yang unik waktu belajar seni lukis di Belanda. Jadi ceritanya, semasa belajar di Belanda keterampilannya berkembang pesat. Wajar ia dianggap saingan berat sesama pelukis muda Belanda yang sedang belajar. Mereka pun berniat “memberi pelajaran”. Para pelukis muda itu mulai melukis bunga. Lukisan bunga yang sangat mirip aslinya itu pun diperlihatkan ke Raden Saleh. Terbukti, beberapa kumbang serta kupu-kupu terkecoh untuk hinggap di atasnya. Seketika keluar berbagai kalimat ejekan dan cemooh. Merasa panas dan terhina, diam-diam Raden Saleh menyingkir.

Ketakmunculannya selama berhari-hari membuat teman-temannya cemas. Muncul praduga, pelukis Indonesia itu berbuat nekad karena putus asa. Segera mereka ke rumahnya. Benar, pintu rumahnya terkunci dari dalam. Prasangka mereka makin buruk. Pintu pun dibuka paksa dengan didobrak. Tiba-tiba mereka saling jerit.
0

Obrolan tentang Impian

Jadi ingat obrolan dengan seorang sahabat, Arul. "Ko, ente sekarang umur berapa?" "25", jawab saya. "Kapan nyusul ane nih?(nikah)" Ditanya begitu, saya cuma bisa nyengir. "Sambil melepas tasnya, Arul melanjutkan "Emang kurang apa lagi? Badan sehat, penghasilan udah ada, keinginan juga udah ada, tinggal skripsi doang kan?" "Iya. Mohon doanya ajah akhi (bahasa arab, artinya: saudaraku)."
"Kalo punya keinginan itu, ditulis aja. Buat list gitu." "Konsep Law of Attraction, Hukum Ketertarikan ya?. Ketika engkau menginginkan sesuatu, visualisasikan, munculkan dalam bayangan, dan tuliskan. Lakukan terus menerus. Sambil berusahalah. Kemudian perhatikan bahwa seluruh alam semesta akan bahu membahu untuk membantumu mendapatkan impian-impian dan keinginan-keinginanmu itu" "Iya, yang itu" Obrolan berlanjut sampai jauh. Akhirnya kelaut. Hehe.
Kalo ditanya, emang impianmu apaan mas? Coba ditulis aja ya... ^_^
0

Emang menulis itu susah ya?

Apa sih yang susah dari menulis?
Padahal cuman proses menuangkan isi pikiran, sambil bikin coret-coretan dikertas doang *kecuali kalo mau diposting ke blog. Ya harus diketik dulu. Masa mau di scan coretan-coretannya? :p* Jadi apa yang bikin susah?
Yang bikin susah adalah kita tidak mau memulai menulis. Selalu menunda. Alasannya nunggu mood. Lagi ngga ada ide.Padahal kalo sudah mulai menulis, ide-ide baru akan bermunculan.
Semoga adanya blog ini, bisa jadi pemicu diri ini untuk mulai menulis. Atau lebih tepatnya belajar menulis.

Happy Writing..... :)
0

10 Ikan Prasejarah Yang Masih Hidup Sampai Saat Ini

Tidak semua ikan yang berasal dari jaman prasejarah itu punah, tapi masih ada juga yang masih hidup dan bisa dilihat sampai sekarang. Hal itu mungkin dipengarhui oleh kemampuan ikan tersebut beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang ekstrem.

Sselain itu juga dipengaruhi oleh kemampuannya dalam mencari mangsa dan bertahan hidup dari serangan predator lainnya. Nah berikut ini adalah ikan-ikan pra sejarah yang masih hidup sampai sekarang.

1. Hagfish





0

Memandang Langit...

Malam ini kelam gulita tanpa gemintang.
Diriaki angin yang mendesau menari ditepian hujan.
Ini sudah pagi.
Berkelebat galau mengganjal mata yang hendak terpejam.
Desir kerinduan ini bagai rinai hujan yang tak ingin berhenti.
Seperti butiran embun yang rebah didedaunan.
Menanti pagi datang dengan menggenggam mentari.
Dimana kehangatan saling memandang dalam senyuman.

Depok, dikeheningan dini hari
7 Juni 2010 - Pkl. 00.17
0

Kau dan Aku

Nikmati waktu selagi kita duduk di punjung,
Kau & Aku.
Dalam dua bentuk &
dua wajah, dgn satu jiwa,
Kau & Aku.
Warna-warni taman &
nyanyian burung memberi obat keabadian,
Seketika kita menuju ke kebun buah-buahan,
Kau & Aku.

Bintang-bintang Surga keluar memandang kita,
Kita akan menunjukkan Bulan pada mereka,
Kau & Aku.

"Kau & Aku",
dgn tiada 'Kau' atau 'Aku',
akan menjadi satu melalui rasa kita,
Bahagia...
Aman dari omong kosong,
Kau & Aku.

0

Akan Jadi Apa Diriku?


Aku terus & terus tumbuh seperti rumput.
Aku telah alami 700 & 70 bentuk.
Aku mati dari mineral & menjadi sayur-sayuran.
Dari sayuran Aku mati & menjadi binatang.
Aku mati dari kebinatangan menjadi manusia.
Maka mengapa takut hilang melalui kematian?
Kelak aku akan mati...
Membawa sayap & bulu seperti malaikat.
Kemudian melambung lebih tinggi dari malaikat.
Apa yg tidak dapat kau bayangkan.
Aku akan menjadi itu.

-Jalaluddin Rumi-
7

Download Murotal Syaikh Mishary Rashid Al Afasy


Assalamu ‘alaikum warohmatullohi wabarokatuh.
Syaikh Mishary Rashid atau Syaikh Mishary bin Al-Afasy adalah seorang munsyid, hafiz dan imam berkebangsaan Kuwait. Beliau lahir di Kuwait pada tahun 1970. Dan menjadi imam di masjid Al Kabir, Kuwait City.
Murotal ini adalah favorit saya. Menjadi teman dikala gundah dan membangkitkan lagi kerinduan dan cinta kepada Alloh. Saya memang baru sempat mengupload sebagian dari murotal beliau, selebihnya insyaAlloh menyusul dalam minggu-minggu ini. Silahkan download dan selamat menikmati. Semoga Alloh merahmati kita semua.
Syaikh Mishary Rashid surah 001-Al Fatihah

Syaikh Mishary Rashid surah 031 - Luqman
Syaikh Mishary Rashid surah 032 - As Sajdah
Syaikh Mishary Rashid surah 033 - Al Ahzab
Syaikh Mishary Rashid surah 034 - Sabaa
Syaikh Mishary Rashid surah 035 - Faathir
Syaikh Mishary Rashid surah 036 - Yaasin
3

Membuat Awetan Rangka Aves

Tidak begitu sulit membuat awetan rangka aves. Hanya membutuhkan sedikit kesabaran dan ketelitian untuk membuatnya.
Untuk kemudahan pembuatan, bagi pemula saya sarankan untuk menggunakan spesies aves yang berukuran agak besar. Sedangkan untuk teknik pembuatannya, saya memilih untuk menggunakan teknik perebusan. Waktu pengerjaannya sekitar seminggu.

Adapun alat dan bahan yang diperlukan antara lain :
  • Ayam kampung (Gallus gallus domestica)
  • Pisau cutter
  • Pinset
  • Lem (Lem hanya untuk jaga-jaga, kalau ada tulang yang terlepas. Gunakan lem untuk keramik/gelas)
0

Bismillah...

Setelah sekian lama, akhirnya ngeblog juga deh... :)
Blog ini kumulai dengan membaca bismillahirrohmannirrohim...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengunjung

 
Copyright © Blognya Mas Eko