Tips Wawancara Kerja

Artikel ini adalah hadiah kecil buat sobat yang sedang menghadapi atau mempersiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan yang baru. Baik. Lanjuuut...
Berikut adalah langkah demi langkah yang dapat kamu siapkan untuk menghadapi sebuah sesi wawancara:


1 - Penelitian dan Persiapan, Cari tahu latar belakang organisasi tempat kamu melamar. Pastikan kamu mendapat informasi tentang visi, misi dan prinsip-prinsip perusahaan sehingga kamu memiliki kemampuan untuk menjawab sesuai dengan prinsip-prinsip perusahaan. Makin banyak tahu makin baik.

2 - Praktek, Setelah kamu melakukan riset, saatnya melakukan latihan. Latihan yang paling efektif adalah dengan melakukan simulasi wawancara. Minta temanmu untuk jadi partner latihanmu. Kondisikan seolah-olah kamu sedang melakukan wawancara yang sesungguhnya. Semakin banyak latihan semakin bagus. Practice makes perfect.

3 - Pakaian, Bagaimana cara kamu berpakaian untuk wawancara kerja benar-benar akan mengatakan beberapa hal tentang dirimu. Jadilah diri sendiri. Itu akan membuat dirimu merasa jauh lebih nyaman. Yang penting rapi, sopan dan pantas.

4 – Kesan Pertama, Kesan pertama benar-benar harus kamu perhatikan. Sadarilah bahwa kamu hanya memiliki satu kesempatan. Tanamkan bahwa dirimu antusias dan pantas untuk mendapatkan posisi yang ditawarkan. Melangkahlah dengan badan tegap dan penuh keyakinan.

5 – Tepat Waktu, Pastikan bahwa kamu tiba tepat waktu untuk wawancara kamu. Dengan menjadi tepat waktu, itu berarti bahwa kamu harus ada 10 sampai 15 menit sebelumnya. Datang lebih awal dari itu tidak dianjurkan. Demikian juga bila kamu terlambat. Ini akan meninggalkan kesan buruk pada pewawancara. Hal ini menunjukkan bahwa kamu tidak serius untuk mengambil kesempatan kerja ini.

6 - Tindak Lanjuti, Dengan kondisi ekonomi saat ini, beberapa majikan mendapatkan ribuan pelamar untuk setiap posisi pekerjaan yang mereka tawarkan. Lakukan sebuah langkah tindak lanjut segera setelah sesi wawancara berakhir. Sebuah email yang cepat atau telepon tindak lanjut atau ucapan "terima kasih atas waktu anda", dapat membuatmu memperoleh posisi yang lebih menguntungkan dimata si Bos. Oiya, ingat  untuk mendapatkan kartu perusahaan di pewawancara dan segala macam orang yang berinteraksi denganmu di sepanjang jalan, terlepas dari apakah kamu memiliki pekerjaan atau sebaliknya. Untuk menambah koneksi, ini sangat dianjurkan.

7 – Doa, Setelah berusaha, banyak-banyak berdoa. Setelah ikhtiar langsung tawakal. Banyak hal yang mustahil, namun bisa saja terjadi karena kuasa-Nya. Yakinkan diri kita bahwa apapun jawaban dari perusahaan yang kita lamar, baik diterima maupun tidak, itu adalah yang terbaik menurut Alloh untuk kita. 

Semoga sukses buat sobat semua. Kalau sudah dapat gaji pertama, langsung traktir saya ya.... ^_^

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengunjung

 
Copyright © Blognya Mas Eko